Reksadana saham

Tips Memilih Reksadana Agar Menguntungkan, Pemula Wajib Baca!

Diposting pada

Reksadana saham adalah salah satu reksadana yang paling banyak diminati masyarakat, mengapa? Reksadana saham memiliki potensi penawaran return yang cukup tinggi. Seperti halnya reksadana lain, anda tidak perlu turun langsung memantau fluktuasi pergerakan uangnya karena ada manajerial investasi berpengalaman dan profesional yang menanganinya.

Reksadana saham memiliki portofolio penjualan dan pembelian unit reksadana, hasil keuntungannya pun didapatkan dari reksadana saham dengan selisih kenaikan harga jual saham tersebut. Berbeda dengan reksadana lainnya, reksadana saham hanya dapat dilakukan oleh perusahaan yang berbadan hukum dan tercatat di bursa efek dalam negeri maupun luar negeri.

Tips memilih reksadana

Dengan terdaftarnya produk reksadana saham di bursa efek dalam dan luar negeri yang bertujuan untuk melindungi para investor, pendaftarannya pun sangat ketat dan harus lolos seleksi oleh pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sebelum terjun ke reksadana saham, ada beberapa tips untuk memilih reksadana yang menguntungkan, diantaranya :

1. Menentukan Tujuan dan Rencana Keuangan Berinvestasi

Dalam berinvestasi di reksadana saham, menentukan tujuan keuangan merupakan hal yang sangat penting dilakukan karena reksadana saham memiliki jangka waktu yang cukup panjang, tidak cocok bagi anda yang menginginkan keuntungan tinggi namun hanya dalam jangka waktu dibawah 15 tahun. Karena waktu yang lama akan mempengaruhi tingginya fluktuasi saham, sehingga keuntungan yang anda dapatkan semakin tinggi.

2. Meriview Kinerja dari Reksadana Saham

Meriview kinerja di reksadana saham akan sangat membantu anda dalam menemukan produk yang terbaik yang ingin anda lakukan investasinya, begitu banyak penjelasan di beberapa media tentang tawaran yang menggiurkan dalam menentukan reksadana saham namun itu tergantung dari tujuan awal berinvestasi anda.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, anda tidak dapat memilih jangka waktu dibawah 15 tahun jika ingin keuntungan yang cukup tinggi, tentunya reksadana saham sangat berbeda dengan reksadana lainnya.

Cara untuk berinvestasi saham reksa dana

Setelah mengetahui tips dari reksadana saham yang menguntungkan, lalu bagaimana cara untuk berinvestasi saham? Berikut caranya :

1. Pilih Platform

Untuk memilih platform  anda cukup memilih platform online dengan alasan cepat dan mudah.

2. Daftarkan Sebagai Anggota

Lengkapilah beberapa persyaratan secara online, jadi anda tidak perlu datang langsung ke kantor reksadana saham dan petugas akan meminta untuk bertemu dengan anda, terlebih dengan membuat janji dahulu.

3. Deposit Dana yang Akan Anda Investasi kan

Setelah melengkapi dan melakukan persetujuan mengenai reksadana saham, hal yang harus anda lakukan adalah transfer deposit dana yang akan anda investasi kan maka anda siap untuk berinvestasi dan pilihlah reksadana saham.

4. Memonitor

Setelah semuanya selesai dan anda terdaftar sebagai investor dari reksadana saham, maka anda perlu memonitor fluktuasi pergerakan uang yang mungkin terjadi apak naik atau turun sehingga anda mengetahui berapa keuntungan / kerugian yang akan anda peroleh secara nominal harga pasar maupun secara persentase.

Anda juga dapat melakukan penjualan unit reksadana yang dikehendaki. Nah itulah penjelasan mengenai reksadana saham dan tips memilih reksadana yang menguntungkan semoga dapat bermanfaat.

Gambar Gravatar
Penulis, Blogger dan penikmat film action

Tinggalkan Balasan