sejarah asuransi syariah
Asuransi Syariah

Sejarah Asuransi Syariah Yang Belum Diketahui!

Diposting pada

Perkembangan asuransi syariah di Indonesia kini semakin pesat saja. Banyaknya orang beragama muslim membuat perkembangan asuransi ini kian pesat. Namun perkembangannya tersebut tidak akan terlepas daripada sejarah kelahiran nya. Sejarah asuransi syariah di Indonesia sangat mempengaruhi perkembangan nya saat ini.

Apa itu asuransi syariah?

Asuransi syariah merupakan salah satu jenis asuransi dengan management berbasis syariah. Dimana di dalamnya anggota asuransi atau ter tanggung saling tolong menolong menggunakan dana investasi yang di kelola dengan management syar’i.

Sebagai orang muslim yang ingin mendapatkan proteksi atau perlindungan asuransi maka memilih asuransi syariah adalah pilihan yang tepat. Selain jiwa dan kesehatan anda terlindungi, anda juga dapat terhindar dari riba karena sistem asuransi yang tidak sesuai dengan syariat.

Apa perbedaan asuransi syariah dan konvensional?

Jika di tinjau dari sisi perbedaannya, antara asuransi syariah dan konvensional jelas memiliki perbedaan yang nampak jelas. Nah beberapa perbedaan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Perbedaan dari sisi perjanjian nya:
    • Asuransi syariah: memakai akad hibah dengan prinsip saling tolong menolong dan tidak mengharapkan imbalan
    • Konvensional: bagaikan transaksi jual beli, saling berharap keuntungan sebesar-besarnya
  2. Perbedaan dari sisi dana:
    • Asuransi syariah: perusahaan hanya berfungsi sebagai pengelola saja tidak punya hak milik
    • Asuransi konvensional: premi di bayarkan jadi seperti jual beli, perusahaan memiliki hak milik atas premi
  3. Perbedaan dari sisi pengelolaan dana:
    • Asuransi syariah: lebih transparan
    • Asuransi konvensional: secara sepihak menetapkan premi dan biaya lain yang terkait

Sejarah asuransi syariah dan perkembangannya di Indonesia

Sejarah asuransi syariah dimulai pada tahun 1979. Dimana ketika itu, ada sebuah perusahaan asuransi di sudan yaitu sudanese islamic insurance untuk pertama kali nya memperkenalkan asuransi berbasis syariah. Setelah itu baru pada tahun yang sama, di uni emirat Arab juga memperkenalkan asuransi syariah ini di tahun yang sama.

Perkembangan asuransi syariah ini juga berkembang ke negeri Eropa tepatnya di jenewa, sebuah perusahaan asuransi jiwa di jenewa swiss juga memperkenalkan asuransi syariah pada tahun 1981.

Tidak sampai disana, penerbitan asuransi syariah kedua juga terjadi di Eropa pada tahun 1983, islamic takafol company (ITC) juga menerbitkan asuransi berbasis syariah.

Merambah ke Asia, Malaysia menjadi negara pertama yang memperkenalkan asuransi syariah pada tahun 1985 lewat perusahaan asuransi takaful Malaysia.

Hingga pada akhirnya barulah pada tahun 1994 PT. Syarikat Takaful Indonesia menyelenggarakan asuransi berbasis syariah. Sampai pada saat ini sejarah asuransi syariah si Indonesia sudah berkembang dan digunakan oleh berbagai perusahaan asuransi besar di Indonesia.

Gambar Gravatar
Seorang pengangguran yang tertarik dengan dunia digital dan pada akhirnya berlabuh di blog ini.

Tinggalkan Balasan