premi asuransi
Ilustrasi premi asuransi | carapedi.id

Apa Itu Premi Asuransi Dan Polis Asuransi? Lengkap Dg Fungsinya

Diposting pada

Jika anda menggunakan salah satu produk layanan asuransi maka anda akan menemukan istilah premi asuransi dan polis asuransi. Kedua istilah ini saling berkaitan satu sama lainnya. Ada banyak sekali versi yang mengartikan kedua istilah tersebut. Baik itu secara istilah maupun bahasa. Bahkan para ahli pun memiliki definisi yang berbeda meski memang tujuannya adalah sama.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai apa itu premi asuransi dan apa itu polis asuransi. Buat anda yang belum tahu, silahkan anda simak artikel ini hingga selesai.

Pengertian premi menurut para ahli

Beberapa pengertian premi menurut pada ahli diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Juli Irmayangto dkk, menurut beliau bahwa premi adalah sesuatu yang diberikan sebagai hadiah atau sesuatu yang dibayarkan secara ekstra yang berfungsi sebagai pendorong atau perancang.
  2. Subagyo, menurut beliau premi adalah uang yang di bayarkan oleh ter tanggung kepada pihak penanggung dalam hal ini adalah perusahaan asuransi yang telah di tentukan dengan cara-cara tertentu.
  3. Soeisno Djojo Soedarso, menurutnya premi adalah pembayaran dari pihak ter tanggung kepada penanggung sebagai imbalan jasa pengalihan resiko.
  4. Wikipedia Ensiklopedia bebas, menurut situs halaman wikipedia, bahwa premi asuransi adalah sejumlah uang yang harus dibayarkan persetiap bulannya dari pihak ter tanggung kepada pihak penanggung atas ke ikut sertaan nya sebagai anggota asuransi.

Apa itu premi asuransi dalam akuntansi

Dalam ilmu akuntansi, premi disebut dengan jenis pembayaran dari pihak ter tanggung kepada pihak penanggung dengan sejumlah uang menurut management yang telah di tentukan dan disepakati bersama. Menurut istilahnya, premi ini adalah uang yang diberikan dari orang yang menggunakan jasa asuransi kepada perusahaan asuransi.

Pengertian polis asuransi

Polis asuransi merupakan kontrak tertulis antara pihak perusahaan asuransi (penanggung) dengan anda sebagai nasabah atau pengguna asuransi (ter tanggung). Yang mana dalam isi perjanjian tersebut adalah berupa peralihan segala bentuk resiko dari pihak ter tanggung ke pihak penanggung dalam waktu dan syarat-syarat tertentu.

Apa fungsi premi asuransi?

Premi asuransi jelas sangat memberikan banyak sekali manfaat kepada yang menggunakannya. Fungsi premi asuransi adalah berupa perlindungan segala bentuk resiko berupa pengembalian secara financial. Jadi ketika anda membayar premi setiap bulannya maka anda akan mendapatkan timbal balik dari perusahaan asuransi berupa pergantian secara financial kepada anda.

Apa contoh premi asuransi?

Contoh premi asuransi adalah jika anda menggunakan asuransi kesehatan misalnya, maka anda harus membayar secara rutin untuk mendapatkan perlindungan kesehatan anda. Besarnya premi tersebut tergantung dari jenis asuransi kesehatan yang anda gunakan.

Gambar Gravatar
Hanya blogger pemula saja

Tinggalkan Balasan