asuransi perjalanan
Travelling adalah salah satu kegiatan yang membutuhkan asuransi perjalanan

Asuransi Perjalanan Pengertian Dan Jenisnya

Diposting pada

Siapa sih yang tidak suka jalan-jalan, semua orang pasti menyukai kegiatan luar rumah yang satu ini. Dengan jalan-jalan maka kita bisa melupakan sejenak masalah-masalah yang sedang kita hadapi. Dengan jalan-jalan kita bisa mendapatkan inspirasi baru. Namun, perjalanan akan tenang jika kita menggunakan asuransi perjalanan.

Asuransi perjalanan akan memproteksi kita selama perjalanan dan memastikan keselamatan kita hingga samapi ke tempat tujuan. Dengan menggunakan produk asuransi yang satu ini maka kita tidak perlu takut lagi dengan berbagai hal dan resiko yang mungkin bisa kita alami saat menempuh perjalanan. Karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi dengan diri kita di perjalanan. Maka dari itu, salah satu keputusan ter baiknya adalah dengan menggunakan asuransi. Selain kita tenang di perjalanan keluarga juga di rumah juga tenang.

Apa pengertian asuransi perjalanan?

Asuransi perjalanan merupakan salah satu produk asuransi yang bertujuan untuk memproteksi seseorang atau bahkan menanggungnya secara finansial dari berbagai resiko saat di perjalanan.

Sementara menurut wikipedia, asuransi perjalanan merupakan sebuah produk asuransi yang bertujuan untuk menanggung berbagai biaya saat di perjalanan seperti biaya pengobatan, pembatalan perjalanan, kecelakaan penerbangan atau pun  kerugian lain yang timbul saat bepergian.

Asuransi ini cocok sekali jika digunakan oleh seorang traveller yang suka bepergian kemana-mana. Atau cocok juga buat anda yang memang memiliki pekerjaan yang mengharuskan anda terus-terusan pulang pergi. Dengan menggunakan produk asuransi yang satu ini maka perjalanan anda menjadi aman, tenang dan nyaman. Karena segala bentuk resiko perjalanan anda ditanggung oleh pihak asuransi. Saat anda memutuskan untuk bepergian maka asuransi ini penting sekali untuk anda gunakan. Bahkan sangat wajib untuk anda miliki.

Kenapa asuransi perjalanan wajib anda miliki?

Di beberapa negara besar seperti Eropa dan Amerika  asuransi ini di wajibkan oleh pemerintahnya untuk digunakan saat akan bepergian. Jika ada seseorang yang tidak menggunakan asuransi perjalanan kita akan bepergian maka dia akan di larang untuk masuk. Hal semacam ini memang penting agar tidak menimbulkan berbagai hal yang tidak di inginkan.

Karena bagaimanapun juga produk asuransi itu sangat besar sekali manfaatnya. Hanya orang yang kurang mengerti saja yang menolak adanya asuransi ini.

Apa manfaat asuransi perjalanan?

Manfaat umum asuransi adalah untuk memberikan proteksi atau perlindungan bagi para anggota atau penggunanya. Terkait dengan produk asuransi yang berhubungan dengan perjalanan adalah untuk melindungi polis atau anggota asuransi dari berbagai resiko finansial yang mungkin bisa terjadi saat di perjalanan.

Dan beberapa manfaat asuransi perjalanan  secara detail adalah sebagai berikut:

  • Proteksi dari resiko kecelakaan perjalanan

Dengan menggunakan asuransi maka segala bentuk kecelakaan akan di tanggung pihak asuransi berupa tanggungan finansial. Baik itu kecelakaan hingga mengakibatkan kematian, kehilangan anggota badan maupun kelumpuhan.

  • Pengobatan

Jika selama anda melakukan perjalanan, anda mengalami sakit yang tidak terduga maka pihak asuransi akan menawarkan pengobatan darurat.

  • Pemulangan jenazah jika terjadi kematian

Jika selama perjalanan polis mengalami kecelakaan hingga mengakibatkan kematian maka pihak asuransi bertanggung jawab memulangkan jenazah hingga ke kampung halamannya.

  • Evakuasi medis

Salah satu pelayanan yang super keren dari asuransi ini adalah pihak asuransi selalu standby 24 jam menawarkan bantuan untuk wilayah di seluruh dunia.

  • Perlindungan rumah

Jika selama  anda bepergian kemudian terjadi bencana yang menimpa rumah anda seperti kebakaran atau apapun itu, maka pihak asuransi akan memberikan pertanggungan secara finansial kepada anda.

Apa saja jenis-jenis asuransi perjalanan?

Asuransi perjalanan ada banyak sekali jenisnya, yang mana setiap jenis asuransi tersebut memiliki fungsi tersendiri yang sudah tentu bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan anda.

  • Berdasarkan seberapa sering anda melakukan perjalanan: Menurut seberapa seringnya anda melakukan perjalanan asuransi ini dibagi menjadi 2 jenis yaitu:
    • Trip insurance: asuransi yang di peruntukan bagi anda yang hanya melakukan beberapa kali perjalanan dalam setahun dalam artian tidak rutin.
    • Annual travel insurance: di peruntukan bagi anda yang sering melakukan perjalanan seperti tugas dinas dan lain sebagainya. Yang mana dalam setahun anda sering sekali melakukan perjalanan baik keluar kota, pulau atau bahkan lintas benua dan negara.
  • Berdasarkan jumlah orang ter tanggung: Berdasarkan jumlah ter tanggung, asuransi ini dibedakan menjadi:
    • Individual travel insurance: yaitu hanya satu orang saja dalam satu akun asuransi pertanggungan.
    • Grup travel insurance: yaitu asuransi yang menanggung lebih dari satu orang ter tanggung. Biasanya asuransi ini digunakan oleh pihak dinas, atau oleh keluarga saat liburan.
  • Berdasarkan tujuan perjalanan: Setiap orang yang melakukan perjalanan tentu memiliki tujuan perjalanan yang berbeda-beda. Ada yang hanya sekedar liburan, pekerjaan bisnis atau pun yang lainnya.
  • Berdasarkan tempat tujuan: Berdasarkan tempatnya, asuransi ini dibedakan menjadi 2 yaitu:
    • Asuransi perjalanan domestik : Perjalanan antar kota saja.
    • Asuransi perjalanan internasional: Perjalanan luar ngeri.
  • Student assist: Merupakan perlindungan perjalanan bagi siswa yang menempuh pendidikan di luar negeri.
  • Asuransi perjalanan khusus: Asuransi ini biasanya di tawarkan untuk anda yang akan melakukan perjalanan ibadah haji.

Apa saja contoh asuransi perjalanan?

Sebenarnya ada banyak sekali contoh perusahaan-perusahaan asuransi perjalanan yang ada di Indonesia beberapa contoh perusahaan tersebut diantaranya adalah:

  1. Asuransi perjalanan AXA.
  2. Asuransi perjalanan ACA.
  3. Asuransi perjalanan Zurich.
  4. Asuransi perjalanan AIG.
  5. Asuransi perjalanan Chub.
  6. Asuransi perjalanan Simannet.
  7. Asuransi perjalanan Travellin adira.
  8. Asuransi perjalanan Allianz.
Gambar Gravatar
Hanya blogger pemula saja

Tinggalkan Balasan