pengertian asuransi

Pengertian Asuransi Menurut Para Ahli, Secara Umum & Singkat

Diposting pada

Jika mendengar kata asuransi apa yang terbayang dibenak Anda?. Apakah sebuah lembaga kesehatan?, pendidikan?, sosial? atau apa?. Banyak orang yang sering mendengar kata asuransi tapi tidak mengetahui  apa pengertian asuransi itu sendiri.

Asuransi sendiri sebenarnya sudah bukan hal baru lagi di Indonesia. Kehadirannya sudah begitu lama di negeri ini. Bahkan  sudah banyak pula yang menggunakan layanan asuransi ini. Lalu apakah pengertian kata suransi itu?

Pengertian asuransi secara umum

Secara umum asuransi dapat artikan sebagai sebuah program jaminan perlindungan finansial yang di tawarkan oleh sebuah lembaga perlindungan dalam hal ini adalah lembaga asuransi. Yang mana setiap anggotanya akan mendapatkan ganti rugi secara finansial atas segala hal buruk yang mennimpanya dari lembaga asuransi yang digunakannya tersebut.

Pengertian asuransi menurut para ahli

Sementara itu beberapa para ahlipun mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian asuransi ini. Berikut adalah beberapa pendatat para ahli mengenai asuransi:

1#. Menurut Prof. Wiryono Prodjodikoro, S.H.

Menurut Prof. Wiryono Prodjodikoro, S.H, beliau berpendapat bahwa asuransi adalah sebuah persetujuan dimana pihak yang menjamin berjanji kepada pihak yang dijamin, untuk menerima sejumlah uang sebagai ganti rugi, yang mungkin di derita oleh orang yang di jamin, akibat dari sebuah peristiwa yang belum jelas.

2#. Menurut Prof. Mark R. Green

Menurut Prof. Mark R. Green, bleiau mengungkapkan bahwa asuransi merupakan sebuah lembaga ekonomi yang bertujuan untuk mengurangi sebuah resiko, dengan jalan mengkombinasikan suatu pengelolaan sebuah objek yang cukup besar jumlahnya. Sehingga kerugian tersebut bisa atasi sebelum kejadian terjadi.

3#. Menurut Prof. Mehr dan Cammack

Menurut Prof. Mehr dan Cammack mereka mengungkapkan bahwa dalam pengetiannya asuransi merupakan sebuah alat yang bisa mengurangi segala bentuk resiko keuangan. Dengan cara pengumpulan unit – unit eksposur (exposure) dalam jumlah yang mencukupi. Dengan tujuan agar kerugian bisa diperkirakan. Kemudian kerugian yang telah diperkirakan tersebut di tanggung secara merata oleh semua anggota yang tergabung.

4#. Menurut C. Arthur William Jr. dan Richard M. Heins

Sementara itu, menurut C. Arthur William Jr. dan Richard M. Heins mereka mengemukakan bahwa asurannsi menurut mereka merupakan sebuah pengaman terhadap sebuah kerugian finansial yang dilakukan oleh seorang penanggung.

Pengertian asuransi secara singkat

Secara singkat dan sederhana asuransi dapat di artikan sebagai suatu bentuk pengendalian resiko yang dilakukan dengan cara mmengalihkan resiko tersebut dari satu pihak ke pihak lain yang dalam hal ini disebut sebagai lembaga asuransi.

Pengertian asuransi dan keuntungannya

Berdasarkan dari berbagai pengertiannya tadi, adanya asuransi tentu memilki manfaat yang sangat berguna baik secara sosial maupun finansial. Karena dengan adanya asuransi kita bisa terbantu dengan meringankan beban finansial yang akan kita tanggung dari hal yang tidak bisa kita prediksi.

Dari sisi manfaatnya, asuransi memiliki manfaat yang sangat besar baik bagi pemerintah maupun bagi masyarakat. Berikut adalah beberapa manfaat asuransi bagi pemerintah dan masyarakat.

Manfaat asuransi bagi pemerintah

Dengan adanya asuransi tentu pemerintah akan sangat diuntungkan. Beberapa manfaat dan keuntungan adanya asuransi bagi pemerintah diantaranya seperti:

  1. Membantu pemerintah dalam mendorong investasi diberbagai sektor usaha.
  2. Membantu membuka lapangan pekerjaan.
  3. Membantu meningkatka kestabilan negara.
  4. Meberikan pemasukan pajak tambahan.

Manfaat asuransi bagi masyarakat

Untuk masyarakatnya sendiri, asuransi ini jelas memberikan manfaat yang luar biasa karena objek utama aasuransi adalah masyarakat. Beberapa manfaat asuransi bagia masyarakat diantaranya:

  1. Menjadikan hidup yang lebih tenang dan terjamin.
  2. Mengalihkan resiko berat yang tidak bisa di prediksi dan diatasi sendiri.
  3. Mampu meminimalisir kerugian.
  4. Memiliki tabungan yang tak terduga.

Nah itulah beberapa pengertian asuransi dari berbagai sumber. Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda yang membutuhkan.

Gambar Gravatar
Hanya seorang blogger pemula yang bermimpi jadi dokter namun gak bisa nyuntik yang akhirnya kesandung dan tersesat di blog ini.

Tinggalkan Balasan