asuransi kredit
Kartu kredit by canva

Mengapa Kredit Anda Butuh Asuransi? Ini Loh Jawabannya!

Diposting pada

Bicara soal risiko, semua hal yang ada di dunia ini selalu mengandung risiko tersendiri. Maka dari hal itu, kredit sebagai salah satu hal yang berisiko membutuhkan asuransi. Tentu hal ini bukan tanpa alasan, ada berbagai alasan kenapa sebuah kredit harus menggunakan asuransi.

Para pelaku usaha dalam bidang pinjaman atau kredit pasti akan menggunakan layanan jaminan asuransi. Mereka biasanya melakukan kerjasama dengan perusahaan asuransi untuk menjamin kredit nya.

Apa sih asuransi pinjaman/kredit itu?

Asuransi pinjaman atau kredit (Credit Insurance) pada awalnya di kenal pada ruang lingkup asuransi jiwa yang diberikan dalam bentuk perlindungan kreditur terhadap risiko macet nya pelunasan pinjaman seorang kreditur. Selain itu, kredit jenis ini juga dikenal dengan istilah asuransi jiwa kredit (Credit Life Insurance).

Pada dasarnya asuransi penjamin kredit merupakan gabungan dari asuransi kredit dan penjamin kredit yang dapat mengatasi ketidak mampuan debitur dalam melunasi sisa pinjaman.

Mekanisme asuransi ini berjalan ketika debitur meninggal dunia, penjamin akan berperan pada saat terjadi klaim meninggal dunia.

Jenis pinjaman apa yang dijamin asuransi?

Tidak semua jenis pinjaman bisa di cover oleh pihak asuransi. Anda tidak bisa melakukan pinjaman ke berbagai tempat dan menggunakan asuransi untuk menjamin pinjamannya.

Untuk bisa menggunakan asuransi kredit maka hanya jenis pinjaman tertentulah yang dapat menggunakan layanan asuransi kredit. Adapun berbagai jenis pinjaman yang dapat menggunakan jaminan asuransi adalah sebagai berikut:

  1. Pinjaman kepada pihak bank
  2. Pinjaman kepada lembaga resmi yang terdaftar di OJK

Apakah ada premi yang harus di bayar?

Seperti layaknya asuransi lainnya, asuransi kredit juga memiliki premi yang harus di bayarkan. Akan tetapi ada beberapa anak yang menawarkan jenis asuransi tanpa premi apapun, namun hal ini tidak berlaku pada semua bank.

Adapun jumlah premi yang harus di bayarkan setiap bank memberikan nilai premi yang berbeda-beda, tergantung dari:

  1. Usia seseorang yang mengambil asuransi, harga premi biasanya akan lebih mahal jika seseorang yang mengambil asuransi berada di usia yang lebih tua atau mendekati pensiun
  2. Jumlah pinjaman, jika anda mengambil pinjaman lebih tinggi maka premi yang harus di bayarkan juga akan lebih tinggi hal ini dikarenakan kewajiban bank yang lebih tinggi
  3. Lama pinjaman, jika waktu pembayaran lebih lama maka premi yang harus di bayar juga akan lebih tinggi

Lantas, apa alasan kredit butuh asuransi?

Seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwa ada banyak alasan kenapa pinjaman membutuhkan asuransi. Ada beberapa alasan, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Untuk menjamin pinjaman

Anda tentu tidak tahu apakah anda masih bisa membayar pinjaman yang anda lakukan atau tidak. Anda tidak akan tahu kapan anda mampu membayar pinjaman.

Bisa saja hari ini anda memiliki kemampuan finansial yang bagus sehingga anda mampu untuk melunasi pinjaman. Namun, bagaimana jika esok hari anda tidak mampu melunasi pinjaman anda tersebut.

Maka untuk mengatasi kemungkinan ini asuransi dapat meng-cover semua biaya pinjaman yang anda lakukan.

2. Hindari risiko kematian

Risiko ini tentu tidak akan dapat anda hindari sama sekali. Maka dari itu, dengan menggunakan jaminan asuransi kredit akan melindungi pinjaman anda dan tidak akan memberatkan pihak keluarga.

Keluarga tidak akan di bebani pinjaman yang anda lakukan, karena pihak asuransi akan melunasi pinjaman yang anda lakukan tersebut.

3. Mempermudah proses pinjaman

Jika anda ingin melakukan pinjaman dan mudah dicairkan, maka gunakanlah asuransi kredit. Dengan menggunakan asuransi ini maka pinjaman anda akan lebih mudah dan lebih cepat untuk dicairkan.

Karena pihak terpinjam akan aman dari kesulitan pengembalian dana dari pihak kreditur. Pihak terpinjam akan mendapat jaminan pengembalian dana dari pihak asuransi.

Gambar Gravatar
Penulis, Blogger dan penikmat film action

Tinggalkan Balasan