manfaat asuransi
Ilustrasi Asuransi

Manfaat Asuransi Umum Bagi Masyarakat Dan Pemerintah

Diposting pada

Tak bisa kita pungkiri, bahwa memang saat ini minat masyarakat Indonesia terhadap program asuransi sangat kurang sekali. Rendahnya pengetahuan dan informasi seputar manfaat asuransi menjadi salah satu faktor penyebab rendahnya minat masyarakat.

Padahal jika ditinjau dari sisi manfaatnya, asuransi memiliki banyak sekali keuntungan bagi masyarakat. Terutama bagi kehidupan mendatang, yang tidak bisa kita prediksi kejadiannya akan seperti apa. Namun karena minimnya informasi yang sampai kepada masyarakat menjadi salah satu penyebabnya.

Pengertian manfaat asuransi

Berdasarkan pengertiannya asuransi merupakan sebuah program jaminan perlindungan finansial  yang di tawarkan oleh sebuah lembaga pemerintah maupun swasta dalam hal ini adalah lembaga asuransi.

Menurut wikipedia, asuransi merupakan sebuah sistem perlindungan finansial atau ganti rugi untuk melindungi beberapa hal yang sangat penting seperti jiwa, kesehatan, properti, pendidikan dan lain sebagainya. Sehingga akan mendapatkan pergantian kerugian secara finansial.

Jadi dengan adanya asuransi kita dapat dengan tenang menjalani kehidupan, karena sudah ada perlindungan dari lembaga asuransi. Hal apapun yang menimpa kita baik, kecelakaan, kematian, kerusakan ataupun kehilangan akan mendapatkan jaminan pergantian dari lembaga asuransi yang kita gunakan.

Lalu apa penyebab masyarakat tidak mau menggunakan asuransi?

Bila kita melihat pada manfaaat yang akan di dapatkan, tentu rasanya tidak ada masyarakat yang akan menolak. Namun, pada kenyataannya masih banyak masyarakat yang tidak mau menggunakan asuransi. Lalu apa sebenarnya yang menyebabkan masyarakat tidak mau menggunakan asuransi ini?.

Ternyata ada beberapa alasan kenapa masyarakat tidak mau menggunakan asuransi, diantaranya :

1#. Tidak menganggap asuransi sebagai kebutuhan pokok

Ketika membicarakan masalah kebutuhan pokok, kebanyakan orang pasti akan menjawab bahwa kebutuhan tersebut hanyalah sandang, pangan dan papan. Setelah itu baru orang akan penuhin kebutuhan tersier dan sekunder. Asuransi tidak menjadi menjadi prioritas mereka, karena dianggap tidak begitu penting.

2#. Tidak mau repot

Salah satu alasan kenapa banyak sekali masyarakat yang tidak mau menggunakan asuransi adalah karena tidak mau repot. Ketika mau ikutan program asuransi maka kita harus mengumpulkan beberapa persyaratan, belum lagi kita harus ngurusnya ke lembaga asuransi. Banyak yang berfikir hal tersebut buang – buang waktu.

Jika Anda yang bekerja di kantor mungkin enak, karena biasanya suka di bantu di urusin oleh pihak kantor. Kita tinggal ngasih beberapa data yagn dibutuhkan saja. Tapi kalo harus urus sendiri biasanya kebanyakan orang malah males.

3#. Premi asuransi yang mahal

Nah, salah satu penyebab kenapa orang malas bahkan cenderung tidak mau menggunakan asuransi adalah karena premi yang harus di bayar cukup mahal. Padahal semua itu tergantung kondisi kesehatan, usia serta kondisi financial Anda.

Premi akan menjadi mahal apabila Anda mendaftar menjadi anggota asuransi di usia yang sudah tidak produktif. Maka dari itu, sebaiknya daftar asuransi selagi Anda masih muda. Hal ini karena premi yang dibayarkan jauh lebih murah. Kenapa demikian? hal ini karena resiko gangguan kesehatan pada usia mudah jauh lebih kecil.

4#. Lebih tertarik investasi

Dari sekian banyak orang, jika disuruh memilih antara menggunakan asuransi dan investasi, pasti kebanyakan dari mereka akan memilih investasi. Hal ini karena minimnya pengetahuan tentang asuransi, sehingga orang lebih banyak memakan informasi seputar investasi ketimbang informasi asuransi. Kebanyakan orang beranggapan bahwa asuransi itu hanya perlindungan kesehatan, jiwa dan pendidikan saja.

Padahal asuransi juga menawarkan fitur untuk berinvestasi berupa asuransi jiwa, yang tidak hanya menawarkan perlindungan tetapi juga menawarkan investasi yang menguntungkan.

Manfaat asuransi bagi pemerintah

Jika dilihat dari manfaatnya bagi pemerintah, asuransi jelas memberikan manfaat yang cukup banyak. Beberapa manfaat yang akan di dapatkan oleh pemerintah dari asuransi adalah:

  1. Membantu mendorong peningkatan investasi diberbagai jenis usaha.
  2. Membantu mendorong peningkatan kesempatan kerja.
  3. Meningkatkan penerimaan pajak masuk.
  4. Membantu menjaga stabilitas negara dengan menyediakan lapangan kerja.

Dari ke empat hal tersebut jelas pemerintah sangat di untungkan sekali dengan adanya asuransi.

Manfaat asuransi bagi masyarakat

Jika berbicara manfaat asuransi bagi masyarakat, jelas ini banyak sekali manfaatnya karena sasaran utama dari program ini adalah masyarakat. Nah, beberapa manfaat asuransi yang secara jelas akan memberikan dampaknya terhadap kehiduan masyarakat diantaranya :

1#. Hidup menjadi lebih tenang dan lebih ringan

Diantara kita semua, tidak akan ada yang tahu apa yang akan terjadi dengan diri kita di hari esok. Dan setiap hari yang kita lewati tidak akan terlepas dari berbagai kemungkinan tersebut. Jika Anda merupakan seseorang yang memang sudah siap untuk menghadapi berbagai kemungkinan tersebut, mungkin segala bentuk kerugian yang akan di alami bisa Anda atasi dengan mudah.

Namun bagaimana jadinya jika sebaliknya?. Anda mungkin tidak akan siap menghadapi segala resiko yang akan terjadi. Bahkan segala kerugian belum tentu bisa Anda atasi. Nah, maka dari itu adanya lembaga asuransi bisa membantu meringankan beban Anda ketika terjadi hal yang tidak terduga tersebut.

2#. Mengalihkan resiko berat yang tidak bisa di atasi sendiri

Lembaga asuransi memang bukanlah tuhan yang bisa kita andalkan untuk menghilangkan segala resiko yang akan kita hadapai seperti kematian dan kecelakaan. Namun setidaknya, dengan  menggunakan asuransi, dapat membantu meringankan mengcover resiko finansial yang akan terjadi.

3#. Membantu meminimalisir kerugian

Sesuai dengan jenis dan fungsinya masing – masing, kepemilikan asuransi bisa membantu meringankan beban finansial atas kerugian dari sebuah kejadian tak terduga seperti kecelakaan, kebakaran dan lain sebagainya.

Sebagai contoh, jika Anda memiliki sebuah perusahaan kemudian mengalami masalah keuangan akibat kerugian, maka pihak asuransi bisa membantu meringankannya. Namun, hal ini tentu harus sesuai dengan perjanjian awal yang telah di sepakati bersama.

Jika kesepakatan kedua belah pihak sebelumnya memang ada, maka pihak asuransi akan menanggung segala bentuk kerugian tersebut sesuai dengan perjanjian.

4#. Memiliki tabungan tak terduga

Setiap bulan Anda dituntut untuk membayar premi secara rutin. Secara sadar ataupun tidak Anda sedang memaksa diri Anda untuk menyediakan dana cadangan untuk antisipasi akan kejadian yang tidak bisa di prediksi. Meski pada akhirnya Anda tetap harus mengeluarkan dana pribadi yang cukup besar.

Namun, dengan adanya asuransi akan membantu Anda untuk mengurangi segala kerugian Anda yang jauh lebih besar lagi.

Disamping itu, jika ternyata ketika Anda mengikuti program asuransi tapi tidak terjadi apa – apa terhadap diri Anda, maka dana yang telah Anda setorkan akan di kembalikan lagi kepada Anda bahkan dalam jumlah yang lebih besar.

Nah, itulah beberapa manfaat suransi bagi masyarakat dan pemerintah serta beberapa faktor penyebab masyarakat yang tidak mau menggunakan asuransi sebagai proteksi diri dan keluarga mereka. Semoga artikel ini bermanfaat bagi yang membutuhkan. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan di kolom komentar atau hubungi kontak admin. Terimakasih.

Gambar Gravatar
Hanya seorang blogger pemula yang bermimpi jadi dokter namun gak bisa nyuntik yang akhirnya kesandung dan tersesat di blog ini.

Tinggalkan Balasan