manfaat asuransi
Manfaat Asuransi

Fungsi dan Manfaat Asuransi Menurut Jenisnya

Diposting pada

Asuransi atau dalam istilah bahasa inggris disebut dengan insurance yang berarti pertanggungan. Berdasarkan istilah kebahasaan asuransi sering disebut sebagai perjanjian kesepakatan antara dua belah pihak yaitu pihak penanggung dengan pihak ter tanggung, dimana pihak ter tanggung bersedia menanggung semua kerugian yang mungkin terjadi di masa yang akan datang.

Fungsi dan Manfaat asuransi

Fungsi utama dari asuransi adalah sebagai pengalihan resiko dari pihak yang dirugikan (ter tanggung) kepada pihak penanggung dengan menyediakan fasilitas pengamanan keuangan dan jaminan ketenangan bagi pihak ter tanggung.

Manfaat asuransi secara umum adalah sebagai bentuk investasi masa depan keluarga, selain itu untuk menstabilkan keuangan dengan menabung di asuransi. Berikut adalah manfaat asuransi menurut jenisnya:

1. Manfaat Asuransi Secara Sosiologis

Manfaat secara sosiologis adalah sebagai sarana perlindungan diri dan keluarga termasuk harta benda dari kejadian-kejadian yang tidak terduga. Sehingga mereka mendapatkan ketenangan dan mampu menikmati berbagai aktivitasnya disamping resiko yang dapat di minimalis.

2. Manfaat Asuransi Prudential

Asuransi prudential adalah salah satu asuransi kesehatan yang penting untuk dimiliki sebagai perlindungan keluarga ketika mengalami risiko sakit secara tiba-tiba. Untuk anda yang masih ragu dengan asuransi prudential, berikut manfaat memilih asuransi ini :

  • Memiliki santunan untuk para keluarga nasabah
  • Dapat klaim yang cukup mudah
  • Bekerja sama dengan rumah sakit yang cukup luas
  • Dapat dijadikan investasi hidup keluarga dimasa depan.

3. Manfaat Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa pada umumnya adalah salah satu perlindungan atas kehilangan finansial dan kerugian yang dialami salah satu keluarga sebagaimana yang menjadi sumber penghasilan (nafkah) bagi keluarganya. Adapun manfaat asuransi jiwa adalah sebagai perlindungan kekayaan (aset), dapat menjadi tabungan untuk masa depan keluarga, pendidikan anak sudah terjamin, dan sebagai bentuk investasi yang menguntungkan.

4. Manfaat Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan merupakan bentuk kepedulian anda dimasa yang akan datang, mengapa? Ketika kita mengalami kesulitan pada saat tertimpa musibah (sakit) maka asuransi kesehatan adalah alternatifnya. Manfaatnya sangat banyak, asuransi ini akan membantu semua biaya dokter, rawat inap, obat-obatannya, dan yang penting adalah dapat membayarkan tindakan operasi tentunya sesuai dengan premi yang telah anda bayarkan setiap bulannya.

5. Manfaat Asuransi Syariah

Asuransi syariah adalah asuransi yang menurut islam diperbolehkan karena sesuai dengan syariah yang diajarkan. Tentu saja banyak keuntungan yang ditawarkan, diantaranya :

  • Menguntungkan bagi nasabah yaitu tidak berlaku dana hangus, artinya setiap nasabah yang tiba-tiba terdesak kebutuhan dan ingin mencairkan nya, maka pihak bank akan mengabulkannya.
  • Jika anda telat membayar, maka pihak asuransi tidak akan mengutak-ngatik keamanan data nasabah nya dan uang yang ada pada pihak asuransi pun tidak berubah (tidak dikurangi).
  • Yang terpenting dari asuransi ini adalah pembagian nisbah yang tinggi, rata-rata nasabah mendapatkan 70 persen dari total yang dikumpulkan, dan pihak asuransi mendapatkan 30% nya. Itulah mengapa asuransi ini menjadi daya tarik tersendiri.

6. Manfaat Asuransi Bagi Ter tanggung

Pihak ter tanggung tentu saja sangat diuntungkan, karena selain memberikan rasa aman atas sesuatu yang akan terjadi dimasa mendatang, ter tanggung juga diberikan kepastian dan jaminan, sebagai bentuk investasi dan untuk meminimalisir kerugian yang akan terjadi.

Penutup

Nah itulah beberapa manfaat asuransi secara umum berdasarkan fungsinya masing-masing. Buat anda yang ingin mendaftar untuk menggunakan asuransi, baik asuransi kesehatan, asuransi jiwa, ataupun asuransi lainnya. Mengetahui manfaat nya terlebih dahulu adalah hal yang patut anda lakukan.

Semoga artikel ini memberikan referensi untuk anda yang memang sedang membutuhkannya. Ini hanyalah tulisan sederhana, namun semoga bermanfaat. Terimakasih.

Gambar Gravatar
Seorang pengangguran yang tertarik dengan dunia digital dan pada akhirnya berlabuh di blog ini.

Tinggalkan Balasan