Klaim Asuransi Mobil
Car crash | Canva.com

Mau Klaim Asuransi Mobil? Ini Cara dan Prosedurnya!

Diposting pada

Bayangkan, bagaimana jika anda sedang membawa mobil di jalan raya tiba-tiba di tabrak kendaraan lain. Pasti anda akan marah bukan? Apalagi jika mobil anda sampai penyok. Karena jika mobil anda penyok maka anda harus ke bengkel dan mengeluarkan uang banyak. Namun hal tersebut akan berbeda jika anda menggunakan asuransi mobil. Karena anda bisa klaim asuransi mobil dengan mudah.

Dengan menggunakan asuransi kendaraan maka mobil yang anda miliki bisa diperbaiki dengan mudah bahkan tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun. Karena semua perbaikan mobil anda di tanggung oleh pihak asuransi.

Namun pertanyaannya adalah apakah benar klaim asuransi semudah itu? Bagaimana prosedur cara kalim asuransi jika mobil yang kita miliki mengalami kecelakaan atau rusak parah?

Prosedur klaim asuransi mobil

Banyak orang mengeluh, bahwa ketika mereka menggunakan asuransi sangat sulit untuk melakukan klaim. Hal ini kerap kali di alami oleh beberapa orang.

Dalam hal ini mungkin anda belum memahami prosedur dan tatacara klaim asuransi nya. Mau asuransi kesehatan, asuransi jiwa ataupun asuransi lainnya. Sebelum anda melakukan klaim anda terlebih dahulu harus paham prosedur dan tata cara klaimm asuransinya.

Nah berikut ini saya jelaskan prosedur dan tata cara klaim asuransi mobil yang benar. Buat anda yang memiliki kendaraan roda 4 atau mobil, berikut adalah prosedur klaim asuransinya:

A. Persiapkan bukti kerusakan

Langkah pertama yang harus anda lakukan ketika mobil anda mengalami kecelakaan dan ingin klaim asuransinya, mak anda harus memiliki bukti kerusakannya terlerbih dahulu.

Anda bisa membuat bukti kerusakan dengan cara di foto atau di buatkan video bagian-bagian mobil yang mengalami kerusakan. Dengan demikian maka ketika anda melakukan klaim anda memiliki buktinya.

B. Siapkan dokumen klaim asuransi mobil

Setelah bukti di siapkan, berikutnya anda siapkan berkas-berkas atau dokumen asuransinya. Siapkan semua berkas yang dibutuhkan untuk klaim asuransi mobil anda. Beberapa berkas yang dibutuhkan diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Fotokopi polis asuransi
  2. Fotokopi SIM dan STNK mobil
  3. Jika mobil anda mengalami kecelakaan parah, maka sertakan surat keterangan kepolisian

Artikel terkait:1. Daftar asuransi mobil terbaik di Indonesia
2. Asuransi mobil TLO yang cocok digunakan

C. Bawa mobil ke bengkel rekanan asuransi

Setelah semua berkas anda anda persiapkan, maka langkah berikutnya adalah dengan membawa mobil ke bengkel rekanan asuransi atau bengkel yang melakukan kerjasama dengan pihak asuransi yang anda gunakan.

Dalam hal ini anda harus berhati-hati, karena tidak semua bengkel bisa anda gunakan untuk klaim asuransi.

Jika anda membawa mobil anda ke bengkel bukan rekanan asuransi yang anda gunakan maka siap-siap saja ketika anda klaim asuransinya maka kalim anda akan di tolak.

Ketika anda membawa mobil anda ke bengkel rekanan asuransi, maka pihak bengkel akan telpon ke pihak asuransi sebelum melakukan reparasi mobil anda.

Pihak asuransi akan melakukan survey mobil anda di bengkel yang dimaksud. Ketika di survey, ceritakan semua kronologinya. Perlu anda perhatikan, anda harus menghubungi pihak asuransi 3×24 jam sejak anda mengalami kecelakaan atau sejak kendaraan anda mengalami kerusakan.

D. Isi formulir klaim asuransi mobilnya

Saat anda berada di bengkel dan akan melakkan reparasi mobil, anda akan di sodorkan formulir klaim asuransi. Silahkan anda isi formulir tersebut secara detail. Mulai dari:

  1. Waktu kejadian (Jam, menit, hari, tanggal, bulan, tahun) secara detail
  2. Kronologi kejadian
  3. Kerusakan yang di alami kendaraan
  4. Dan lain sebagainya

perlu anda perhatikan juga, saat anda mengisi formulir tersebut isi dengan menggunakan data yang benar, valid dan dapat dipertanggung jawabkan. Jangan sesekali anda coba berbohong atau melakukan rekayasa terhadap data yang diberikan.

Karena pihak asuransi sendiri akan melakukan pengecekan ke lapangan. Jika data tidak valid, maka klaim asuransi mobil anda akan di batalkan atau tidak bisa klaim.

Gambar Gravatar
Penulis, Blogger dan penikmat film action

Tinggalkan Balasan