iuran bpjs kesehatan
Kantor BPJS kesehatan

Berapa Iuran BPJS Kesehatan? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Diposting pada

BPJS kesehatan merupakan salah satu jaminan sosial warga negara Indonesia yang bergerak di bidang kesehatan. Pemerintah mewajibkan kepada setiap warga negaranya untuk menggunakan BPJS. Akan tetapi karena besarnya iuran BPJS kesehatan yang sedikit mahal membuat banyak masyarakat enggan menggunakannya.

Padahal jika dibandingkan dengan resiko yang akan di tanggung, menggunakan BPPJS jauh lebih ringan ketimbang tidak menggunakan BPJS. BPJS dapat membantu meringankan beban financial setiap warga negara yang mengalami masalah kesehatan.

Namun semua itu kembali lagi kepada kesadaran dan kemampuan ekonomi warga masyarakat yang berbeda-beda.

Berapakah iuran BPJS kesehatan?

Besar kecilnya premi BPJS tergantung dari kelas yang digunakan ketika mendaftar menjadi anggota BPJS kesehatan. Karena seperti yang kita tahu, bahwa BPJS memiliki tingkatan pelayanan yang berbeda-beda. Mulai dari kelas 1 hingga kelas 3.

Setiap kelas BPJS yang digunakan, besarnya iuran yang harus dibayarkan serta pelayanannya pun berbeda-beda. Semakin mahal biaya iuran nya maka semakin bagus layanan yang di berikan.

Besarnya iuran BPJS di hitung per orang bukan per keluarga, meski satu keluarga terdaftar sebagai anggota BPJS, namun besarnya premi atau iuran di hitung secara per orang.

Nah untuk anda yang belum tahu besaran iuran BPJS yang harus di bayarkan berikut adalah rincian premi BPJS kesehatan per kelas nya:

A. Iuran BPJS kelas 1

Jika anda mengunakan BPJS kesehatan kelas 1 maka kewajiban anda membayarkan iuran nya adalah sebesar Rp.80.000 per orang setiap bulannya. Jadi jika satu keluarga anda ada 5 orang dan semua nya terdaftar sebagai anggota BPJS maka anda harus membayar iuran sebesar Rp.400.000 per bulannya.

Sebagai catatan, jika satu anggota dalam kartu keluarga terdaftar sebagai anggota BPJS kelas 1 maka anggota keluarga lainnya juga harus menggunakan BPJS kelas 1.

Jika anggota BPJS kelas 1 menjalani rawat inap di rumah sakit maka anggota akan mendapatkan layanan perawatan di kelas 1 yang terdiri dari 2 hingga 4 orang saja.

B. Iuran BPJS kesehatan kelas 2

Para pengguna layanan BPJS kesehatan bisa memilih secara bebas layanan BPJS yang akan digunakan nya. Jika iuran BPJS kelas pertama di rasa berat, maka bisa menggunakan layanan kelas 2. Besar iuran BPS kelas 2 adalah sebesar Rp.51.000 per bulan untuk setiap orang nya.

Anggota yang menggunakan layanan BPJS kelas 2 maka berhak mendapatkan layanan BPJS kelas 2. Peserta BPJS kelas 2 juga dapat mengajukan untuk naik kelas dari kelas 2 ke kelas 1, dengan catatan bersedia membayar selisih biaya iuran yang akan di tanggung.

C. Iuran BPJS kesehatan kelas 3

Jika kedua kelas BPJS diatas terasa memberatkan maka anda bisa menggunakan layanan BPJS kesehatan kelas 3. Ini merupakan kelas BPJS paling ekonomis. Karena iuran BPJS nya paling murah diantara kelas lainnya.

Jika anda menggunakan layanan BPJS kelas 3 maka anda harus membayar iuran nya sebesar Rp.25.500 per bulan untuk setiap orang nya. Jadi misalkan di keluarga anda terdapat 5 anggota keluarga maka besar iuran yang harus di bayarkan per bulannya adalah Rp.125.000.

Nah itulah besarnya iuran BPJS kesehatan yang harus anda bayarkan untuk setiap kelas layanan yang anda gunakan. Silahkan anda gunakan layanan BJS sesuai dengan kelas dan iuran yang anda sanggupi untuk membayarnya.

Gambar Gravatar
Penulis, Blogger dan penikmat film action

Tinggalkan Balasan