Begini Cara Cek Keanggotaan BPJS Kesehatan Online

Diposting pada

Apakah anda memiliki kartu BPJS kesehatan? Sudah tahu belum bagaimana cara cek keanggotaan bpjs kesehatan online?. Coba cek sekarang untuk memastikan bahwa kartu bpjs anda tersebut syah dan terdaftar secara resmi di bpjs kesehatan.

Banyak orang yang memiliki kartu bpjs kesehatan, namun sayang nya tidak semua orang mengetahui apakah kartu keanggotaannya tersebut benar-benar terdaftar atau tidak.

Untungnya kini cek kartu bpjs bisa dilakukan dengan mudah yaitu dengan menggunakan jaringan internet secara online. Jadi anda tidak perlu susah lagi mengetahui keanggotaan bpjs anda.

Bagaimana cara cek keanggotaan bpjs kesehatan online?



Setidaknya ada 5 cara cek bpjs ketenagakerjaan aktif atau tidak serta terdaftar atau tidak. Dari kelima cara ini anda bisa menggunakan salah satu caranya. Untuk anda yang memang belum tahu apa saja cara-cara tersebut, silahkan anda simak artikel ini hingga usai.

A. Cek melalui call center BPJS kesehatan



cek keanggotaan bpjs kesehatan online
Ilustrasi Call center

Cara mengetahui keanggotaan bpjs anda yang pertama adalah dengan cek melalui kontak telepon bpjs kesehatan. Dengan menghubungi call center bpjs maka anda bisa menanyakan berbagai macam pertanyaan terkait layanan bpjs kesehatan.



Anda bisa menghubungi kantor bpjs di nomor 1500400, namun anda harus bersabar karena nomor tersebut selalu sibuk. Wajar karena melayani semua klien bpjs se Indonesia.

Disamping itu anda juga harus bersabar ketika telpin anda terputus, ketika anda menelpon kembali maka anda harus menjelaskannya kembali dari awal.

Namun sebelum anda menelpon call center bpjs, pastikan bahwa semua pertanyaan sudah anda persiapkan dan data-data yang dibutuhkan juga sudah di persiapkan.

B. Cek melalui website bpjs



cek keanggotaan bpjs kesehatan online
Situs bpjs kesehatan untuk cek keanggotaan bpjs

Cara cek keanggotaan bpjs kesehatan online juga bisa anda lakukan melalui situs resmi bpjs kesehatan. Dengan cek melalui situs resminya maka database kartu anggota bpjs anda akan muncul jika memang anda sudah terdaftar dan aktif sebagai anggota bpjs kseshatan.

Untuk cek keanggotaan bpjs kesehatan melalui situs resminya and akan membutuhkan nomor kartu bpjs dan juga tanggal lahir anda yang terdaftar pada kartu bpjs nya.



Jika anda sudah memiliki keduanya maka silahkan anda cek keanggotaan bpjs anda tersebut disini. Jika masih bingung, ikuti langkah-langkah cara cek nya seperti berikut ini:

  1. Buka situs nya
  2. Masukkan nomor kartu bpjs kesehatannya
  3. Masukkan tanggal lahir anda
  4. Masukkan anga validasi yang tertera pada kolom yang di sediakan
  5. Klik cek
  6. Jika anda terdaftar, maka akan muncu data keanggotaan anda di dalam tabel di bagian bawah

C. Cek keanggotaan bpjs kesehatan online dengan aplikasi



cek keanggotaan bpjs kesehatan online

Cara mengetahui keanggotaan bpjs kesehatan online selanjuntya adalah dengan mengggunakan aplikasi bpjs kesehatan. Di google playstore atau di appstore anda bisa download aplikasi ini secara gratis.

Setelah aplikasi terinstall, anda hanya perlu daftar menggunakan kartu dan data sama persis dengan data di kartu bpjs kesehatan anda.

Di aplikasi bpjs anda tidak hanya bisa cek keanggotaan nya saja, anda juga bisa cek iuran bpjs kesehatan dan lain sebagainya.



D. Cek melalui layanan pihak ketiga

Situs bpjs kesehatan untuk cek keanggotaan bpjs

Selain menggunakan ke 3 cara di atas, anda juga bisa menggunakan pihak ketiga untuk cek keanggotaan bpjs kesehatan anda. Ada banyak situs pihak ketiga yang bisa anda gunakan untuk cek keanggotaan bpjs kesehatan anda.

Beberapa situs yang bisa digunakan diantaranya adalah seperti situs:

  1. Tokopedia
  2. Bukalapak
  3. BPJS-online
  4. Mkomsel.com
  5. Dan lain-lain



Cara cek keanggotaannya sendiri sangat mudah, bisa anda ikuti seperti pada langkah-langkah berikut ini:

  1. Silahkan anda buka salahs satu situs yang aka anda gunakan
  2. Klik pada tombol pembayaran
  3. Pilih bpjs kesehatan
  4. Masukkan nomor kartu bpjs nya
  5. Klik cek
  6. Tunggu sampai keluar datanya
  7. Jika data muncul maka keanggotaan bpjs anda aktif

E. Cek melalui handphone

cek keanggotaan bpjs kesehatan online

Cara cek keanggotaan bpjs kesehatan online yang terakkhir adalah dengan menggunakan sms. Cara ini bukan cara online melainkan dilakukan dengan cara offline melalui phonsel yang anda miliki.

Cek keanggotaan bpjs anda menggunakan nomor handphone ini sangatlah mudah. Tidak jauh berbeda dengan SMS biasa pada umumnya. Anda tinggal ketik sms dengan format tertentu, kemudian kirim ke nomor SMS bpjs kesehatan (08-777-5500-400).

Caranya bisa anda ikuti seperti pada langkah berikut ini:

  1. Silahkan anda buka pesan di handphone yang anda miliki
  2. Ketik SMS dengan format sseperti ini “NOKA [spasi] Nomor kartu BPJS Kesehatan
  3. Conothnya “NOKA 0001256567744
  4. Kirim ke nomor 08-777-5500-400

Nah itulah 5 cara cek keanggotaan bpjs kesehatan online yang bisa anda gunakan. Bagaimana? Sangat mudah bukan? Silahkan anda gunakan salah satu cara di atas untuk mengetahui status keanggotaan bpjs kesehatan yang anda miliki.

Gambar Gravatar
Penulis, Blogger dan penikmat film action

Tinggalkan Balasan