Mobil All Risk
Ilustrasi asuransi mobil | CarinsuranceCNV

Asuransi Mobil All Risk Dan TLO, Ini Yang Harus Dipilih!

Diposting pada

Banyaknya kasus kecelakaan lalulintas terbukti ampuh meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya perlindungan asuransi kendaraan. Hal ini terlihat dari banyaknya tawaran asuransi mobil all risk dan TLO yang bisa kita dapatkan dengan mudah.

Kecelakaan lalulintas memang tidak bisa kita prediksi kapan akan terjadi. Maka dari itu menggunakan asuransi sebagai perlindungan merupakan keputusan yang wajib untuk dilakukan.

Salah satu perlindungan yang bisa anda gunakan untuk melindungi mobil adalah dengan menggunakan asuransi mobil. Banyak perusahaan yang menawarkan asuransi ini. Anda tinggal daftarkan mobil anda di salah satu perusahaan asuransi tersebut maka semua masalah dan  kekhawatiran anda tentang mobil akan terjamin dan aman.

Kenapa mobil harus menggunakan asuransi?

Mobil merupakan salah satu aset berharga yang anda miliki. Untuk mendapatkan sebuah mobil, maka anda harus mengeluarkan uang yang sudah pasti tidak sedikit.

Sedangkan disisi lain, tingginya angka kecelakaan lalu lintas dan maraknya kasus pembegalan terjadi dimana-mana. Tentu anda tidak ingin mengalami hal yang sama dengan mereka bukan?.

Maka dari itu, salah satu cara yang paling tepat untuk dilakukan adalah dengan menggunakan bantuan asuransi. Asuransi akan menjamin mobil anda kembali seperti semua  dan aman terlindungi dari berbagai resiko tersebut. Karena jika mobil anda mengalami kecelakaan dan rusak para maka pihak asuransi akan memperbaiki mobil tersebut hingga melakukan pergantian.

Jenis perlindungan asuransi mobil

Berdasarkan jenis perlindungannya, asuransi mobil terbagi menjadi 2 jenis perlindungan, yaitu:

  1. Asuransi mobil all risk. Yaitu merupakan jaminan atas segala bentuk kerusakan mobil, mulai dari rusak ringan, rusak berat hingga kehilangan jaminan kehilangan mobil tersebut.
  2. Asuransi mobil TLO. Asuransi TLO (Total Lost Only) merupakan jaminan atas kehilangan atau kerusakan mobil senilai 75% lebih dari harga mobil tersebut.

Apa perbedaan asuransi mobil all risk dan TLO?

Jika anda ingin menggunakan salah satu perlindungan  untuk mobil anda, maka anda harus mengetahui dulu apa bedanya kedua jenis perlindungan asuransi mobil di atas. Perbedaan diantara keduanya adalah sebagai berikut:

1. Asuransi mobil TLO

Perlindungan mobil yang akan di tanggung oleh asuransi mobil TLO adalah jika mobil mengalami kerusakan berat dengan perkiraan kerusakan mencapai 75%. Atau mobil akan mendapat perlindungan dari pihak asuransi jika mobil tersebut hilang, karena pencurian atau perampasan. Artinya jika mobil hanya mengalami kerusakan ringan di bawah 75% maka pihak asuransi tidak akan menjamin mobil anda.

2. Asuransi mobil all risk

Perlindungan mobil dengan menggunakan asuransi all risk adalah segala bentuk kerusakan pada mobil. Berbeda dengan TLO yang hanya menanggung kerusakan mobil jika kerusakannya mencapai 75%. Asuransi all risk meski mobil anda hanya lecet sedikit maka anda diperbaiki oleh pihak asuransi. Bukan hanya itu saja, jika mobil anda  rusak sampai 85% atau bahkan anda kehilangan mobil anda karena pencurian atau perampasan, maka asuransi all risk akan mengganti mobil anda secara financial. Hanya saja premi yang harus anda bayarkan sedikit lebih mahal ketimbang asuransi TLO.

Jadi asuransi manakah yang harus dipilih?

Jika harus menentukan pilihan antara asuransi TLO dan asuransi mobil all risk maka anda harus mempertimbangkannya dengan matang. Karena kedua jenis asuransi perlindungan mobil ini sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jika anda memilih asuransi TLO maka anda bisa  bayar premi lebih murah. Namun perlindungan yang diberikan hanya jika anda kehilangan kendaraan atau kerusakan mobil yang mencapai 75% nya saja.

Sedangkan jika anda memilih asuransi mobil all risk, maka anda akan mendapatkan perlindungan ekstra. artinya meski mobil anda hanya lecet sedikit saja akan di lindungi oleh pihak asuransi. Akan tetapi anda harus mau bayar premi sedikit lebih mahal.

Jadi asuransi mobil manakah yang akan anda pilih? tentukan sekarang!, sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Gambar Gravatar
Hanya blogger pemula saja

Tinggalkan Balasan