asuransi bisnis
Ilustrasi perhitungan asuransi bisnis

Asuransi Bisnis Terbaik Yang Ada di Indonesia

Diposting pada

Saat ini, berbagai perusahaan asuransi bisnis dan asuransi lainnya bermunculan dimana-mana di Indonesia.  Ini menunjukan bahwa adanya kenaikan mengenai kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya asuransi. Menurut data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) lebih dari 80 perusahaan yang sudah masuk dan terdaftar disana.

Dari 80 perusahaan asuransi yang terdaftar tersebut, ada banyak sekali produk asuransi yang ditawarkan kepada masyarakat oleh perusahaan-perusahaan tersebut. Seperti asuransi jiwa, asuransi bisnis, asuransi kelautanasuransi kendaraanasuransi kesehatanasuransi kreditasuransi pendidikanasuransi perjalananasuransi rumah dan asuransi umum.

Nah, jika Anda adalah seorang pelaku usaha, maka salah satu produk asuransi yang cocok untuk anda gunakan adalah asuransi bisnis. Produk asuransi ini sangat penting sekali unntuk anda gunakan dalam melindungi asep perusahaan Anda. Karena sejatinya usaha Anda tersebut bukan hanya sekesar bisa maju dan berkembang, melainkan juga terproteksi dengan baik. Maka dari itu dengan mengguaka asuransi inilah anda bisa memastikan bahwa perusahaan Anda tersebut akan baik-baik saja.

Pengertian Asuransi Bisnis?

Menurut pengertiannya, asuransi bisnis merupakan salah satu produk asuransi yang khusus mengurus dan memproteksi bisnis atau usaha. Setiap perusahaan asuransi memliki jenis-jenis proteksi bisnis yang berbeda-beda tergantung dari skala bisnisnya itu sendiri. Seperti proteksi untuk usaha mikro, UKM dan proteksi bisnis perusahaan besar hingga perusahaan multinasional. Semua ditanganni dengan jenis proteksi asuransi yang berbeda.

Apa manfaat asuransi dalam berbisnis?

Asuransi merupakan salah satu cara yang paling aman untuk mengendalikan berbagai resiko buruk yang mungkin akan terjadi. Dan salah satu bentuk pengendalian aset bisnis adalah dengan menggunakan asuransi bisnis. Asuransi ini merupakan salah satu produk asuransi yang berfungsi untuk memproteksi aseet bisnis atau usaha anda sehingga terhindar dari berbagai resiko buruk yang bisa saja terjadi tanpa kita duga.

Derkaitan dengan manfaatnya, asuransi dalam dunia bisnis sangat bermanfaat sekali. Asuransi berperan penting dalam menunjang keberhasilan dan majunya sebuah perusahaan. Dinatara beberapa peran penting dapat kita uraikan sebagai berikut:

a. Perlindungan dari resiko

Dengan menggunakan asuransi, maka bisnis anda akan terproteksi dengan baik. Segala bentuk resiko yang berdampak pada sisi finansial perusahaan bisa ditangani dengan baik. Seperti kejadian gempa bumi, kebanjiran, kebakaran dan segala bentuk yang dapat berakibat pada kerugian secara finansial maupun nonfinansial.

b. Jaminan pengiriman barang

Jika usaha atau bisnis anda bergerak dibidang perdagangan atau ekspor maka menggunakan asuransi bisnis merupakan tindakan yang tepat. Bisnis perdagangan memiliki resiko yang sangat tinggi, salah satunya adalah dalam proses pengiriman barang. Ini sangat rentan sekali terjadi kehilangan barang. Maka dari itu dengan menggunakan asuransi maka barang anda terlindungi dengan baik.

c. Pengganti kerugian

Setiap resiko yang diterima pasti berujung pada kerugian, baik itu kerugian yang kecil maupun besar. Dengan menggunakan asuransi maka semua kerugian itu akan ditanggung olehpihak asuransi sehingga anda akan tetap menjalankan usaha anda sebagaimana biasa.

Contoh asuransi bisnis

Contoh-contoh asuransi bisnis yang ada di Indonesia sebenarnya sangat banyak mulai dari yang skala kecil hingga skala besar. Dan beberapa contoh perusahaan asuransi bisnis yang ada di Indonesia diantaranya seperti:

  1. Axa Mandiri.
  2. Allianz.
  3. Frudential.
  4. Jiwasraya.
  5. Bumiputera.
  6. Sinarmas.
  7. Manulife.
  8. Dan masih banyak lagi.

Jenis-Jenis Asuransi Bisnis

Berdasarkan jenisnya, asuransi bisnis bermacam-macam jenis produknya. Seperti yang dimiliki oleh salah satu perusahaan asuransi ternama Indonesia yaitu AXA Mandiri. Ada berbagai produk asuransi bisnis yang dimiliki oleh AXA, diantaranya adalah:

  1. Asuransi kontraktor semua resiko.  Untuk perlindungan investasi selama proyek masih berlangsung.
  2. Asuransi semua resiko pemasangan. Perlindungan atas kebakaran, petir, ledakan, bencana alam dan lain sebagainya.
  3. Asuransi peralatan elektronik. Perlindungan terhadap alat elektronik apabila terjadi kerusakan secara tiba-tiba.
  4. Asuransi alat berat. Untuk perlindungan alat-alat berat penunjang bisnis seperti forklit, buldozer, crane dan lain sebagainya.
  5. Asuransi pengankutan. Perlindungan untuk bisnis perdangan, seperti melindungi barang yang sedang dalam proses pengiriman baik pengiriman via darat, laut maupun pengiriman via udara.
  6. Asuransi kendaraan bermotor. Merupkan perlindungan terhadap kendaraan bermotor seperti mobil, sepeda motor yang digunakan untuk kebutuhan transfortasi perusahaan.
  7. Asuransi properti. Merupakan perlindungan terhadap harta perusahaan.

Daftar perusahaan asuransi bisnis terbaik di Indonesia

Dari sekian banyak perusahaan asuransi bisnis yang terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Hanya ada beberapa perusahaan yang termasuk kedalam perusahaan asuransi bisnis terbaik di Indonesia. Diantaranya:

  1. Perusahaan asuransi Allianz.
  2. Perusahaan asuransi pridential.
  3. Perusahaan asuransi Axa mandiri.
  4. Perusahaan asuransi Bumiputera.
  5. Perusahaan asuransi Jiwasraya.
  6. Perusahaan asuransi Manulife.
  7. Perusahaan asuransi AIA financial.
  8. Perusahaan asuransi Avrist.
  9. Perusahaan asuransi Sinarmass.
Gambar Gravatar
Hanya blogger pemula saja

Tinggalkan Balasan