kepanjangan bpjs
Situs BPJS Kesehatan | CarinsuranceCNV.info

Apa Kepanjangan BPJS Kesehatan? Ini Penjelasannya!

Diposting pada

BPJS kesehatan merupakan salah satu layanan jaminan sosial yang di selenggarakan oleh pemerintah. Pengguna layanan ini sudah banyak sekali, mulai dari kalangan masyarakat biasa hingga masyarakat kelas menengah. Namun meski pengguna nya sudah banyak ternyata masih banyak juga orang yang tidak tahu apa kepanjangan BPJS kesehatan tersebut.

Apa itu BPJS kesehatan?

BPJS kesehatan merupakan sebuah layanan publik yang diberikan oleh pemerintah untuk menjamin kesehatan setiap pekerja maupun warga negara yang tergabung menjadi anggota BPJS kesehatan.

Dengan menggunakan layanan dari BPJS maka kesehatan pengguna layanan ini bisa lebih terjamin.

BPJS kesehatan merupakan sebuah lembaga negara yang bergerak dalam bidang asuransi sosial penjamin kesehatan warga negara Indonesia.

Apa kepanjangan BPJS?

BPJS merupakan kepanjangan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial kesehatan masyarakat. Secara resmi BPJS di dirikan oleh pemerintah untuk menjamin kesejahteraan warga negaranya.

Jika anda menggunakan layanan ini maka secara langsung anda memperhatikan dan perduli terhadap nasib kesehatan anda di masa yang akan datang.

Undang Undang BPJS

Ada banyak peraturan pemerintah yang secara langsung mengatur BPJS. Baik dari teknis pembentukannya hingga proses penggunaan BPJS tersebut baik secara perorangan (individu) maupun secara kelompok. Nah beberapa undang-undang yang mengatur masalah BPJS adalah sebagai berikut:

  1. Undang undang nomor 40 tahun 2004 tentang sistem jaminan sosial nasional
  2. Undang undang nomor 24 tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial
  3. Law off the republic Of Indonesia no 40 of 2004

BPJS transformasi dari? (sejarah BPJS)

Dilansir dari halaman BPJS kesehatan, bahwasanya jaminan kesehatan itu sudah ada sejak jaman kolonial Belanda. Akan tetapi baru pada tahun 1949 lah sejak kedaulatan Indonesia di akui dunia jaminan kesehatan ini di selenggarakan dengan baik khususnya untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Menteri kesehatan Prof. GA Siwabessy yang menjabat ketika itu, mengajukan sebuah gagasan untuk menyelenggarakan program asuransi kesehatan sementara (universal health insurance) yang saat itu banyak di terapkan di beberapa negara berkembang.

Namun sayangnya pada waktu itu, jaminan tersebut hanya berlaku untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) saja.

Baru kemudian pada tahun 1968 pemerintah menerbitkan sebuah peraturan menteri kesehatan nomor 01 tahun 1968 yang membentuk Badan Penyelenggara Dana Pemeliharaan Kesehatan (BPDPK) yang mengatur pemeliharaan kesehatan pegawai negeri sipil dan keluarganya.

Selang beberapa tahun kemudian pemerintah mengeluarkan peraturan nomor 22 dan 23 tahun 1984 yang mengubah BPDPK menjadi sebuah badan di lingkungan departemen kesehatan BUMN yaitu Perum Husada Bhakti (PHB).

Setelah itu pada tahun 1992 PHB berubah lagi menjadi PT Askes (persero) melalui peraturan pemerintah nomor 6 tahun 1992 yang mulai menjangkau karyawan BUMN melalui program askes komersial.

Pada bulan Januari tahun 2005 PT Askes mendapatkan kepercayaan pemerintah untuk melaksanakan Program Jaminan Kesehatan Masyarakat Miskin (PJKMM) yang lebih dikenal dengan sebutan Askeskin.

Kemudian barulah pada tahun 2011 melalui undang undang nomor 24 tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dibentuk oleh pemerintah sebagai program jaminan sosial dibidang kesehatan yang pada akhirnya PT askes berubah menjadi BPJS kesehatan.

Nah dari riwayat tersebut dapat kita simpul kan bahwa BPJS kesehatan merupakan transformasi dari perusahaan PT askes yang pada awalnya sebagai perusahaan perseroan.

Nah itulah penjelasan singkat mengenai kepanjangan BPJS kesehatan yang bisa saya uraikan pada artikel ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda yang memang sedang mencari informasi tersebut.

Gambar Gravatar
Penulis, Blogger dan penikmat film action

Tinggalkan Balasan