apa itu asuransi kredit
Ilustrasi kartu kredit

Apa Itu Asuransi Kredit? Ini Dia Penjelasannya

Diposting pada

Kita sering sekali mendengar kata asuransi kredit tanpa kita ketahui apa itu asuransi kredit. Karena seperti yang kita ketahui, bahwa produk asuransi yang ada di Indonesia itu ada banyak sekali. Asuransi kredit merupakan salah satu asuransi yang jarang sekali digunakan oleh masyarakat. Hanya masyarakat tertentu saja yang menggunakannya.

Namun setelah berkembangnya berbagai perusahaan asuransi membuat asuransi kredit juga semakin marak digunakan oleh masyarakat. Seiring dengan hal tersebut banyak juga warga masyarakat yang mencari informasi tersebut. Lalu apa itu asuransi kredit?

Apa itu asuransi kredit?

Asuransi kredit merupakan sebuah proteksi atau perlindungan yang diberikan oleh lembaga asuransi sebagai penanggung resiko kepada pihak bank umum atau lembaga keuangan sebagai pihak ter tanggung atas resiko kegagalan debitur dalam melunasi berbagai fasilitas kredit, pinjaman tunai, pinjaman modal usaha dan lain sebagainya.

Jadi secara sederhana asuransi kredit ini memiliki ter tanggung adalah bank atau lembaga-lembaga keuangan yang memiliki resiko kegagalan debitur atas setoran pinjamannya. Dengan adanya asuransi kredit ini, pihak bank akan sangat di untung kan, karena keuangan dapat berjalan dengan lancar dan terhindar dari kerugian finansial.

Apa manfaat asuransi kredit?

Jika melihat dari sisi manfaatnya, asuransi kredit jelas memberikan manfaat yang luar biasa terhadap bank dan lembaga keuangan. Beberapa manfaat asuransi kredit bagi pihak lembaga keuangan dan bank diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Membantu masalah macet nya setoran debitur.
  2. Membantu bank dalam urusan finansial.
  3. Bank terhindar dari resiko kerugian.
  4. Membantu debitur dari segala tuntutan pelunasan kredit.

Objek pertanggungan asuransi kredit

Apa itu kredit dan apa pertanggungan asuransi kredit?. Yang menjadi objek  pertanggungan asuransi kredit adalah kerugian yang akan dialami oleh atau lembaga keuangan tertentu karena macet nya kredit dari pihak debitur. Dengan adanya asuransi kredit maka pihak bank dan debitur akan sama-sama diuntungkan.

Kriteria kredit yang bisa jamin oleh asuransi kredit

Perlu diketahui bahwa ternyata tidak semua jenis kredit bisa di proteksi oleh asuransi kredit. Hanya ada beberapa jenis kredit yang bisa di tanggung oleh pihak asuransi diantaranya adalah:

  1. Kredit yang sesuai dengan norma-norma yang wajar dan sehat.
  2. Debitur memiliki izin usaha yang tidak menyalahi aturan hukum yang berlaku.
  3. Kredit yang sesuai dengan SE bank Indonesia.
  4. Debitur yang tidak sedang dalam keadaan pailit.
  5. Debitur tidak memiliki catatan buruk tentang kredit sebelumnya.

Nah itulah artikel saya tentang apa itu asuransi kredit? ini dia penjelasannya. semoga artikel ini bermanaat.

Gambar Gravatar
Hanya blogger pemula saja

Tinggalkan Balasan